Jasmono Dan Akhmad Renuat Dilantik Oleh Gubernur Maluku Sebagai Pj Bupati Malra Dan Pj Walikota Tual

oleh -320 Dilihat
oleh

AMBON-Jasmono dan Akhmad Yani Renuat dilantik oleh Gubernur Maluku, Murad Ismail sebagai Penjabat (Pj) Bupati Maluku Tenggara (Malra) dan Pj Walikota Tual,yang berlangsung di aula lantai 7 kantor Gubernur Maluku,Selasa (31/10).

Jasmono yang adalah Kepala Inspektorat Provinsi Maluku dan Akhmad Yani Renuat adalah Sekretaris Kota Tual,mereka dilantik setelah Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian mengeluarkan Keputusan Nomor 100.2.1.3 – 4114 tentang Pengangkatan Pejabat Bupati Maluku Tenggara dan Keputusan Nomor 100.2.1.3 – 4115 tentang Pengangkatan Pejabat Walikota Tual tanggal 7 Oktober 2023.

Gubernur mengatakan, latar belakang sejarah pemerintahan di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual, yang bermukim pada satu wilayah Kepulauan Kei serta terlahir dari suku yang sama, menjadikan agenda-agenda penting kedua pemerintahan itu selalu sejalan termasuk pelantikan Penjabat Bupati dan Penjabat Wali Kota.

Gubernur menyebut, Jasmono dan Akhmad Yani Renuat merupakan ASN yang dipercayakan bangsa dan negara, untuk meneruskan kepemimpinan di Kabupaten Maluku Tenggara dan Kota Tual.
Gubernur pun mengingatkan keduanya untuk memperhatikan seluruh ketentuan peraturan perundang-undangan yang mendasari tugas-tugas mereka.

“Sesuai ketentuan Permendagri Nomor 4 tahun 2023, tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati / Walikota, akan dilakukan evaluasi setiap tiga bulan dan berdasarkan hasil evaluasi Kemendagri, ada beberapa Penjabat yang belum setahun, sudah diganti karena kinerjanya tidak bagus.
Khusus Pj. Wali Kota Tual, jabatan saudara selaku Sekda sementara harus dilepaskan dan segera di isi dengan Pj.Sekda sesuai ketentuan,” ujar Gubernur.

Selain itu, Gubernur juga berbicara mengenai pelaksanaan pemilu legislatif, presiden dan wakil presiden, serta pilkada serentak di tahun 2024. Ia pun menjelaskan tentang tugas Pj. Bupati dan Wali Kota. Orang nomor satu di Provinsi Maluku itu menyebut, salah satu tugas penting Pj. Bupati dan Pj. Wali Kota Walikota adalah memfasilitasi dan mensukseskan, agenda nasional termasuk menjaga netralitas ASN di lingkup pemda masing-masing atau dengan kata lain tidak berpihak pada figur atau partai politik tertentu.

“Segera melakukan komunikasi, koordinasi dan kolaborasi dengan forkopimda, DPRD, instansi vertikal, TNI/Polri, tokoh agama dan elemen masyarakat di wilayah masing-masing,” pungkas Gubernur.

Gubernur juga ingin memastikan arahan Presiden Joko Widodo tentang pengendalian inflasi, penurunan stunting, menurunkan angka kemiskinan ekstrim, memudahkan investasi, belanja APBD bagi produk dalam negeri serta menjaga stabilitas politik dan keamanan menuju pemilu dan pilkada tahun 2024, wajib menjadi prioritas kerja kedua Penjabat itu.

“Akhirnya, selaku pimpinan daerah, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada M. Thaher Hanubun – Petrus Beruatwarin (mantan Bupati/Wabup Kabupaten Malra) dan Adam Rahayaan – Usman Tamnge (Mantan Walikota /Wawali Kota Tual) atas jasa-jasanya selama menjabat.
Selamat bekerja kepada saudara Jasmono dan Akhmad Yani Renuat beserta keluarga.
Ucapan selamat juga saya sampaikan kepada ibu Siti Halimah Jasmono, selaku Pj. Ketua TP-PKK Kabupaten Maluku Tenggara.
Laksanakan tugas ini dengan kesungguhan hati untuk masyarakat, dengan tetap menghormati adat istiadat,” tutup Gubernur.

Turut hadir, Ketua TP PKK Provinsi Maluku Ny Widya Pratiwi Murad, Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno, Kasdam XVI Pattimura, Wakil Ketua DPRD Maluku Azis Sangkala, Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Marn) Said Latuconsina, Danlanud Pattimura Kol Pnb Tiopan Hutapea, perwakilan Forkopimda lainnya, Rektor Unpatti, anggota DPRD Provinsi Maluku, OPD lingkup Pemprov Maluku, Forkopimda Malra.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.