322 Calon Jamaah Haji Kota Ambon Ikut Manasik Haji

oleh -1208 Dilihat
oleh

Ambon,MPnews.com-Sebanyak 322 Calon Jamaah Haji Kota Ambon, mengikuti bimbingan dan pelatihan manasik haji yang berlangsung di Asrama Haji Waiheru, Sabtu (18/05/2024).

 

Bimbingan dan pelatihan manasik haji tahun 2024, resmi dibuka Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena didampingi Kepala Kantor Kemenag Kota Ambon Fachrurrazy Hassannusi dan tenaga pendamping haji.

 

Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin Wattimena mengatakan, bimbingan dan manasik untuk mempermudah Jamaah Calon Haji dalam memahami ibadah haji, baik secara teoritis maupun praktis, sehingga menjadi haji yang mandiri dan mampu melaksanakan proses ibadah haji dengan baik dan benar.

 

“Saya bersukacita karena, dapat berkumpul bersama para Calon Jamaah Haji untuk mengikuti rangkaian kegiatan ibadah haji oleh Pemkot Ambon dan Kantor Kementrian Agama Kota Ambon,” ujarnya.

 

Dia mengakui, ibadah haji merupakan impian semua umat Islam, bukan hanya yang belum pernah menunaikan salah satu rukun Islam itu.

 

Untuk itu, lanjut dia, Pemkot Ambon dan Kantor Kementrian Agama Kota Ambon memberikan dukungan meliputi pelayanan dan pemeriksaan kesehatan bagi Calon Jamaah Haji Kota Ambon.

 

“Pemkot Ambon melakukan pelatihan manasik haji, fasilitasi pemberangkatan dan pemulangan Haji dan pendampingan pada proses embarkasi dan debarkasi serta memberikan tambahan uang saku kepada Calon Jamaah Haji sebesar Rp 1 juta bagi 322 Calon Jamaah Haji,” paparnya.

 

Dia berharap, dari proses persiapan hingga pemberangkatan Calon Jamaah Haji dapat berjalan dengan baik.

 

“Saya mengingatkan Calon Jamaah Haji mempersiapkan diri sebaik-baiknya, senantiasa menjaga kesehatan, menjaga pola hidup bersih dan sehat dan kebugaran tubuh serta selalu mengikuti petunjuk selama berada di tanah suci,” harapnya.

 

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Ambon Fachrurrazy Hassannusi mengatakan, tujuan kegiatan agar calon jamaah haji menjadi lebih paham dan mengerti tentang tahapan ibadah haji, sehingga ibadah yang dilakukan berlangsung sempurna.

 

“Total keseluruhan jemaah haji Kota Ambon yang tergabung dalam kloter 27 ini sebanyak 322 orang,” ungkapnya.

 

Nantinya, tambah dia, Calon Jamaah Haji Kota Ambon akan tergabung bersama calon jamaah haji dari Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dan Kabupaten Maluku Barat Daya.

 

“Calon Jamaah Haji ini rencananya akan diberangkat dari Bandara Pattimura Ambon menuju Arab Saudi pada tanggal 31 Mey 2024,” terangnya.

 

Dia berharap, Calon Jamaah Haji dapat menjaga kesehatan agar, bisa kembali ke tanah air dengan haji yang mabrur.

 

Dari 322 Calon Jamaah Haji Kota Ambon terdapat 140 orang dan perempuan181 orang jamaah. (MP_Norin)