Wali Kota Buka Pelatihan Jurnalistik Lingkungan

oleh -825 Dilihat
oleh

Ambon,MPnews.com-Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M Wattimena membuka secara resmi pelatihan jurnalistik lingkungan yang digagas pengurus daerah Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Maluku, di Balai Kota, Sabtu (13/1/2024).

Dia mengatakan, ada tiga isu yang menjadi gumulan bersama baik itu selaku pemerintah, media dan masyarakat salah satunya perubahan iklim.

“Salah satu diantaranya, mengenai perubahan iklim kemudian yang kedua terkait dengan politik global dan yang ketiga terkait dengan instruksi distribusi barang-barang mengantisipasi inflasi,”ujarnya.

Menurutnya perubahan lingkungan menjadi prioritas dalam berbagai kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah.

“Saat ini, kita sementara mengalami perubahan iklim yang luar biasa kita rasakan sendiri. Dimana, pada siang hari, kita merasakan suhu panas yang semakin meningkat. Selain karena dampak El Nino tetapi, menandai perubahan iklim yang terjadi secara ekstrim di wilayah Indonesia,”paparnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, membutuhkan kolaborasi bersama seluruh pihak untuk memberikan edukasi kepada masyarakat perubahan iklim dan lingkungan.

“Ada banyak pihak yang terlibat di dalam upaya untuk mengedukasi masyarakat dan menyampaikan tentang isu-isu lingkungan yang terjadi ada pemerintah, akademisi dan pemerhati lingkungan di situ,”urainya.

Dia mengakui, peran media dan jurnalisme sangat penting dalam mengemas berbagai isu lingkungan, pencemaran lingkungan serta perubahan iklim untuk diketahui masyarakat.

“Berbagai isu lingkungan, pencemaran lingkungan, perubahan iklim itu mesti bisa diketahui oleh masyarakat. Jadi informasi tentang isu lingkungan itu menjadi sangat besar dalam kaitan dengan peran media dan jurnalisme,”tandasnya. ( MP01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.