51 Balita Desa Poka Ikut Wisuda IDL

oleh -259 Dilihat
oleh

Ambon,MPnews.com-Sebanyak 51 balita asal Desa Poka, Kecamatan Baguala, Kota Ambon mengikuti wisuda Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) yang dilaksanakan Puskesmas Poka dan Rumah Tiga.

Pelaksanaan Wisuda turut dihadiri Ketua Tim PKK Kota Ambon Lisa Wattimena, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon Hany Tamtelahittu, Kepada Desa Poka Marthina Kelbulan dan Kepala Puskesmas Poka Rumah tiga dalam wisuda tersebut juga dibagikan Kartu Identitas Anak (KIA).

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ambon Lisa Wattimena mengatakan, imunisasi dalam sistem kesehatan nasional menjadi salah satu bentuk investasi kesehatan yang efektif dalam menurunkan angka kematian bayi dan balita namun penanda kenyataannya masih saja ada masyarakat atau orang tua yang tidak mau untuk membawa anaknya ke Posyandu guna mendapatkan imunisasi dengan berbagai macam alasan yang disampaikan.

Namun, lanjut dia, pihaknya bersyukur di hari ini desa Poka memberikan sebuah inovasi baru di Kota Ambon dengan memberikan sebuah penghargaan kepada orang tua dan balita yang selalu datang ke Posyandu untuk mendapatkan imunisasi dasar lengkap.

“Wisuda yang dilaksanakan hari ini sebagai sebuah bentuk penghargaan bagi orang tua yang dengan kesadaran akan pentingnya kesehatan dengan membawa anak ke Posyandu hal ini untuk membantu pemerintah dalam mendukung program Keluarga Sehat melalui imunisasi dasar lengkap,” ujarnya disela-sela pelaksanaan Wisuda IDL yang berlangsung di Desa Poka, Kecamatan Baguala, Rabu (13/3/2024).

Pihaknya menyampaikan ucapan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada kepala desa Poka dan seluruh staf, Ketua Penggerak PKK Desa Pok, Kepala Puskesmas Poka yang telah bekerja keras untuk memberikan sosialisasi dan penyuluhan serta menggerakkan keluarga dan masyarakat untuk membawa anaknya ke Posyandu dan mendapatkan imunisasi.

Apresiasi juga tambah dia, diberikan kepada kepala desa Poka dalam inovasi yang baru ini.

“Saya berharap inovasi ini dapat dikembangkan dan dipelajari ditiru oleh semua desa yang ada di Kota Ambon karena Desa Poka dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain agar lebih inovatif dalam menjalankan roda pemerintahan, pembangunan, pemberdayaan dan pelayanan kepada masyarakat,” paparnya.

Dia mengaku, sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ambon pihaknya sangat bersyukur karena diberikan kesempatan untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat di Kota Ambon dengan mengunjungi Posyandu yang ada di Kota Ambon.

“Saya dapat memberikan edukasi kepada kader Posyandu maupun orang tua tentang pentingnya kesehatan kebersihan dan pola asuh yang baik terhadap anak sehingga secara bersama dengan pemerintah kita dapat mewujudkan masyarakat kota Ambon yang sehat tetapi mensukseskan program pemerintah dalam mengatasi dan menurunkan angka stunting di Kota Ambon dan imunisasi dasar lengkap,” ungkapnya.

Kegiatan wisuda di hari ini kiranya dapat memberikan semangat kepada para kader Posyandu agar lebih inovatif lagi dalam mengajak orang tua untuk ke Posyandu dan memberikan edukasi kepada mereka karena para kader adalah ujung tombak pelayanan kesehatan.

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan dampak yang besar bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak ke depan dalam mewujudkan generasi penerus bangsa yang sehat dan unggul di masa depan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Poka Marthina Kelbulan mengakui, apa yang dilakukan hari ini atas partisipasi bersama antara masyarakat, pemerintah dan desa poka sehingga Kegiatan wisuda dapat berjalan dengan baik dan maksimal.

“Saya harap imunisasi ini jangan dilakukan setengah-setengah agar, anak-anak dapat tumbuh dengan sehat,” katanya.

Untuk diketahui wisuda IDL diselenggarakan guna mendukung indikator program keluarga sehat yaitu balita diberikan imunisasi dasar lengkap. ( MP01 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.