Gaspresz Resmi Jabat Raja Negeri Naku

oleh -72 Dilihat
oleh

Ambon,MP.com – Zadrack Gaspresz resmi menjabat sebagai raja Negeri Naku, Kecamatan Leitimur Selatan masa bhakti 2023 – 2029.

Pelantikan Gaspersz berdasarkan SK nomor 1766 tahun 2023 tentang pengesahan dan pelantikan Kepala Pemerintahan Negeri Naku yang berlangsung secara resmi diruang Unit Layanan Administrasi (ULA), Jumat (10/11/2023).

Penjabat Wali Kota Ambon Bodewin M Wattimena mengatakan, proses pelantikan Raj Negeri Naku merupakan proses bersejarah, karena bertepatan denhan hari Pahlawan Nasional 10 November 2023.

“Kita patut memegang apa yang telah dilakukan oleh para pahlawan bagi bangsa dan negara kita, untuk itu kepada raja Naku yang baru dilantik, dapat mempertahankan tatanan hidup orang basudara,” ujarnya.

Dia mengakui, Pemkot Ambon mendelegasikan kewenangan sampai di tingkat kecamatan, desa, negeri dan kelurahan agar seluruh proses penyelenggaraan pemerintahan dapat menyentuh masyarakat.

“Masyarakat sebagai objek dan sekaligus subjek pembangunan untuk mendapat pelayanan yang baik dari pemerintah karena itu, pada setiap negeri dapat menghadirkan Raja definitif.l,” katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, raja definitif berperan sebagai pemangku adat tepi, dalam penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan publik serta pembangunan raja akan menjadi motor penggerak, menjadi pengatur dan pengambil kebijakan di negeri agar berbagai program pembangunan itu bisa terlaksana dengan baik.

“Pemkot Ambon berusaha untuk menghadirkan seluruh raja definitif pada beberapa negeri yang sampai dengan saat ini belum memiliki raja definitif atau kepala pemerintahan yang definitif,” ungkapnya.

“Salah satunya adalah negeri Naku yang kita prosesnya cukup panjang. Nah, kita bersyukur bahwa di hari ini dalam berbagai upaya yang dilakukan saya titik beratkan kepada proses yang dilakukan pada Negeri Naku bisa menghadirkan raja definitif, kehadiran raja defenitif penting bagi persatuan dan kesatuan masyarakat di Negeri Naku,” terangnya.

Diriny berharap, Gaspers sebagai Raja Defenitif, akan memberikan kekuatan dan penguatan bagi negeri Naku bukan sebaliknya akan membuat kehancuran di Negeri Naku.

“Gaspersz punya tangung jawab untuk dapat merangkul semua masyarakat dan bersama badan saniri negeri untuk saling mendukung satu dengan yang lain .Karena itu tidak ada kepemimpinan, secara tunggal di Negeri tetapi, kepala pemerintah negeri, raja negeri harus berkoordinasi bekerja sama dengan badan Sanira Negeri supaya Setiap keputusan yang diambil dapat memenuhi asas-asas penyelenggaraan pemerintahan tetapi juga tidak bertentangan dengan aspirasi masyarakat yang dalam penyelenggaraan pemerintah negeri perwakilannya adalah badan saniri negeri,”tandasnya ( MP01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.