Pemkot Ambon Lakukan Bersih Pantai

oleh -51 Dilihat
oleh

Ambon,MPnews.comPemerintah Kota (Pemkot) Ambon bersama seluruh ASN lingkungan pemerintah melakukan aksi pembersihan pantai dalam rangka peringati hari peduli sampah nasional (HPSN) tahun 2024 di desa Galala, Kecamatan Sirimau, Jumat (23/2/ 2024).

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin M. Wattimen mengatakan, Peringatan HPSN ini menjadi sumber daya produktif menuju Zero Waste, Zero Emission di Kota Ambon.

“Ini merupakan salah satu langkah dalam upaya mengelola sampah dengan cara mengumpulkan, memilah dan mengolah sehingga proses akhir yang menjadi kebutuhan kita bersama, sampah dapat memberikan manfaat untuk lingkungan, sosial, ekonomi secara bersama,” tuturnya.

Dikatakan, sesuai surat edaran Menteri LHK Nomor 2/2024 tentang peringatan HPSN, maka di tahun ini mengangkat tema “Atasi Sampah Plastik Dengan Cara Produktif”.

“Tema tersebut memberi pesan buat kita semua bahwa urusan sampah plastik adalah urusan penting dan mendesak sehingga harus menjadi satu urusan prioritas kita karena sampah ini sulit untuk hancur jika tidak didaur ulang,” kata Wattimena.

Dirinya menambahkan, urusan sampah plastik tidak cukup dengan hal biasa – biasa saja, namun butuh cara luar biasa yang memerlukan gagasan dan inovasi baru, sehingga dapat membawakan keuntungan untuk kepentingan ekonomi dan sosial.

“Salah satu cara mengatasi sampah plastik antara lain; pemerintah perlu memperkuat peran aktif dalam mengatasi polusi akibat sampah plastik, serta perlu partisipasi masyarakat dalam perubahan perilaku gaya hidup minim sampah dan budidayakan memilah sampah,” tutupnya. ( MP Grace 03 )

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.