Pemkot Gelar Green Festival

oleh -288 Dilihat
oleh

Ambon,MPnews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bekerja sama dengan USAID Clean Cities Blue Ocean, Waste4Change, dan Green Moluccas menyelenggarakan kegiatan Ambon Green Festival di Lapangan Merdeka Kota Ambon, Sabtu (24/2/2024).

 

Kegiatan ini sebagai bentuk mengkampanyekan pengelolaan sampah serta mengedukasi pengunjung mengenai pemilahan dan pengelolaan sampah yang bertanggung jawab, sehingga dapat meminimalisir timbulan sampah yang masuk ke TPA.

Dalam sambutan Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena mengatakan bahwa, keberadaan USAID CCBO dalam mengembangkan berbagai kajian, telah mencatat perubahan signifikan untuk pengelolaan sampah di Kota Ambon.

“Pemkot Ambon akan terus mendukung langkah-langkah baik seperti ini dengan memaksimalkan kerja OPD termasuk mendelegasikan sebagian kewenangan kepada aparatur negeri/desa dan atau kelurahan,” tandas Wattimena.

Menurutnya, peringatan HPSN 2024 secara nasional mengambil tema Atasi Sampah Plastik Dengan Cara Produktif. Kegiatan Ambon Green Festival ini merupakan implementasi Surat Edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor 2 Tahun 2024 yaitu tentang peningkatan dan penyadartahuan masyarakat seperti pelaku usaha, pegiat lingkungan, wirausaha sosial, masyarakat, bisnis rintisan, dan sektor informal terhadap isu pencemaran sampah plastik.
“Kerja sama dengan USAID CCBO telah berjalan sejak 2021 dan menghasilkan berbagai capaian untuk pengelolaan sampah di Kota Ambon yang lebih baik. Keberhasilan program USAID CCBO merupakan kolaborasi nyata antara semua pihak, termasuk dengan pemerintah pusat serta penerima hibah yaitu Waste4Change, Green Moluccas dan PT. Milion Limbah Ambon,” pungkasnya.

Wattimena mengapresiasi kerjasama semua pihak dalam mengkampamyekan peduli sampah. Melalui USAID pemerintah kota Ambon sedang berupaya menangani tantangan ini dari sumbernya dengan memperkuat sistem pengelolaan sampah di komunitas pesisir.

“Pemerintah kota Ambon mendukung penuh semua program untuk pengahan sampah yang bisa membantu kita dalam menjaga lingkungan ini” tutupnya (MPGrace)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.