Penjabat Walikota Ambon Hadiri Natal Keluarga Besar Lapas Kelas II Ambon

oleh -503 Dilihat
oleh

Ambon,MPnews.com- Penjabat Walikota Ambon Bodewin M Wattimena menghadiri perayaan Natal Keluarga Besar Lapas Kelas II Ambon yang berlangsung di ruang aula, Kamis (14/12/203).

Pihaknya terharu dengan perayaan Natal yang dilaksanakan Lapas Kelas II Ambon, saat mendengarkan lagu pujian yang dibawahkan oleh warga binaan Lapas Kelas II Ambon.

“Saya mau katakan bahwa pada perayaan Natal kali ini saya mencucurkan air mata, ketika mendengar lagu pujian yang disampaikan oleh warga binaan, karena kita merasa suasana yang berbeda tidak sama dengan kita hadir diperayaan natal di gereja dan gedung mewah tapi kita ada bersama orang-orang yang membutuhkan perhatian, peran dan tanggungjawab kita untuk melihat mereka di lapas,” ujarnya.

Dia mengatakan, perayaan Natal bersama warga binaan membuktikan bahwa ada kesempatan untuk merubah diri sebab ini bukan akhir dari segalanya.

“Kita bisa maknai dari perayaan natal hari ini yaitu natal ini mau bilang buat kita semua bahwa ada kesempatan untuk kita semua untuk berubah, ini bukan akhir dari segalanya. Kita masih merubah diri kita supaya kita menjadi apa yang diinginkan dari kelahiran Yesus untuk memperbaiki semua yang tidak baik. Karena itu bukan saja warga binaan lapas tapi kita semua yang ada disaat ini,” paparnya.

Kesempatan merubahah akan terus diberikan oleh Tuhan tinggal bagimana memanfaatkannya supaya hidup menjadi berarti kedepan.

“Kalau ada kesempatan kita untuk berubah maka mesti diikuti dengan komitmen dari dalam diri kita untuk melakukan perubahan itu, sebab kalau tidak percuma. Kita tidak bisa mengharapkan peran lebih besar dari lingkungan dimana kita berada untuk merubah diri kita, tanpa kita sendiri berkomitmen untuk merubah diri kita. Karena hanya dengan cara itu maka semua yang diberikan saat ini bisa kita terima dan kita bisa merubah diri kita,” jelasnya.

Dia mengakui, apabila telah mempunyai kesempatan dan komitmen maka ada harapan masa depan yang lebih baik.

“Kalau kita sudah punya kesempatan berubah, sudah punya komitmen untuk berubah maka pasti ada harapan masa dengan yang lebih baik. Saya yakin itu, tidak ada orang yang ingin hidup didalam kesulitan dan kesengsaraan, tetapi semua orang punya cita-cita dan harapan hidup untuk lebih baik kedepan. Tapi itu bukan saja dimiliki oleh kami yang hadir disini tapi semua warga binaan lapas punya kesempatan dan peluang yang sama untuk menggapai itu. Jadi mereka ini butuh peran dukungan dan bantuan kita,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, dirinya meminta kepada Lapas Ambon untuk dapat bekerjasama dengan Pemkot Ambon dalam pengembangan pemberdayaan warga binaan Lapas.

“Kita akan lakukan MoU dengan Lapas, untuk bisa memfasilitasi pemberdayaan warga lapas bahkan hasil yang dibuat kita bisa fasilitasi untuk kita pasarkan supaya menghargai apa yang mereka buat,” tandasnya.

Ditempat yang sama Kepala Lapas Kelas II A Ambon Muktar mengakui, Natal memberikan warna tersendiri.

“Saya sebagai pimpinan sangat berterima kasih kepada Bapak Penjabat Walikota Ambon dan jajaran. Mudah-mudahan untuk Natal yang akan datang bisa persiapkan lebih baik lagi,” katanya.

Dia mengatakan, sesuai tema Natal tahun 2023 ‘Kami datang untuk menyembah Yesus Sang Raja.

“Kiranya kita dapat menjadikan momentum Natal untuk tetap bersyukur dan bersatu hati serta saling menopang satu dengan yang lain dalam kebersamaan yang kita bentuk menjadi kekuatan bagi kita semua,” paparnya.

Dia berharap, Natal bersama keluarga besar Lapas kelas II A Ambon dapat melahirkan energi positif tentang moderasi beragama di Lapas Ambon yang tercermin dalam kehidupan orang basudara dan menghargai hakikat keberagaman dan kebersamaan serta menjadi momen Natal sebagai benteng kerukunan dan toleransi dalam mensyukuri berkat Tuhan.

“Sesuai tema Natal tahun ini bagaimana kita mengucap syukur sehingga, diajarkan untuk selalu bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan kepada Tuhan yang Maha kuasa,” tandasnya.( MP01)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.