SUMA Maskot Pilkada Maluku 

oleh -956 Dilihat
oleh

Maluku Publik News.Com : Ambon – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku memilih SUMA (Suara Untuk Maluku) sebagai Maskot pada perhelatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku tahun 2024.

Penetepan maskot SUMA berlangsung saat peluncuran tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku yang berlangsung di Lapangan Merdeka Ambon, Rabu malam, (22/05/2024)

Alasan SUMA dipilih sebagai maskot terinspirasi dari hewan endemik maluku burung kakatua berjambul kuning, menggunakan kain tenun khas tanimbar dan kakehang, sementara ditangan kanannya memegang paku alat coblos dan jari telunjuk sudah ada tintanya, sedangkan ditangan kirinya memegang surat suara.

Hadir pada peluncuran tahapan Pemilu tersebut yakni Ketua Divisi Data dan Informasi KPU RI Betty Epsilon Idroos, Komisioner KPU Maluku dan jajaran, Forum koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Maluku serta sejumlah komisioner KPU kabupaten/kota di Maluku.

Kesempatan itu, Ketua Divisi Data dan Informasi KPU RI Betty Epsilon Idroos, menyampaikan, beberapa hal agar pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di Maluku dapat berjalan dengan sukses.

Dia mengingatkan semua pihak, baik penyelanggara, pemerintah maupun aparat keamanan, agar berkomitmen dan profesionalitas dalam setiap tahapan.

“Berpedoman pada setiap peraturan. Ketiga, diharapkan seluruh pihak untuk tetap perduli terhadap isu-isu yang membangkitkan rasa nasionalisme,” sambungnya.

Selqin itu, penyelengara diharapkan dapat tetap transparan dalam bekerja dan dia mengingatkan KPU tidak dapat bekerja sendiri. Karena itu, sangat membutuhkan dukungan dari semua stakeholder.

“Saya berharap, KPU Provinsi Maluku dapat meningkatkan koordinasi dan komunikasi dengan semua pihak, agar setiap tahapan dapat berjalan dengan aman dan damai. Tak lupa saya mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada pemerintah daerah bersama jajaran, yang telah memberikan dukungan dan peran aktif terhadap penyelenggaraan Pemilu selama ini,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Ketua KPU Provinsi Maluku , M. Shaddek Fuad, menyampaikan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan mensuport pelaksanaan kegiatan peluncuran tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku tahun 2024.

Menurutnya suksesnya acara peluncuran ini menjadi tanda yang baik bagi pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024.

Negeri ini, ingat dia, merupakan negeri yang diberkahi maka dar itu sangat penting menjaga amanat para leluhur

Sambungnya, maluku terkenal dengan wilayah yang kuat dengan adat istiadat dan diikat dengan rasa persaudaraan yang tinggi itulah yang menjadi modal bagi masyarakat negeri ini.

“Peluncuran ini menjadi simbol agar kita siap untuk melaksanakan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur , Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota ” tegas mantan Ketua KPU Kota Ambon ini.

Sementara itu, Pj Gubernur Maluku dalam sambutannya menyampaikan, lounching tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Tahun 2024 sangat penting untuk dilaksanakan.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat tentang pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah di Provinsi Maluku,” katanya.

 

Ia menekankan kepada KPU Provinsi Maluku agar dapat melaksanakan sosialisasi yang masif kepada masyarakat terkhususnya untuk generasi milenial. Generasi milenial jumlahnya cukup mendominasi dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Sadali Ie juga berharap launching tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku pada malam ini dapat menjadi langkah awal yang baik untuk memilih calon Pemimpin Maluku 5 tahun mendatang.(Atick)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.